Tip Membeli Tiket Kereta Keliling Eropa

Tiket kereta ICE, dicetak di rumah
Saya dan Si Ayah tidak suka naik pesawat, ribet cek in, pemeriksaan sekuriti dan menunggu boarding. Ribetnya dikalikan dua kalau traveling dengan anak-anak. Karena itu, kami memilih moda transportasi kereta api untuk keliling Eropa. Harganya tidak selalu lebih murah, tapi lebih nyaman dan sama cepat dengan pesawat untuk jarak dekat.

Informasi tentang perkeretaapian di Eropa, bahkan di seluruh dunia tersedia lengkap di website Seat 61. Website yang dibuat oleh Mark Smith, pecinta kereta api ini, sangat mudah digunakan. Dari ini kita tahu kereta apa saja yang melayani rute yang akan kita perlukan nanti.  

Saya mulai browsing tiket kereta api setelah mendapatkan tiket pesawat ke Eropa. Rute, jadwal dan harga tiket kereta api penting untuk membuat itinerary. Sebenarnya, tiket kereta api bisa dibeli online sejak 3 bulan sebelum jadwal keberangkatan, sama seperti di Indonesia. Lebih awal membeli, harga lebih murah. Semakin mendekati tanggal keberangkatan, harga semakin mahal. Beli langsung (go show) di stasiun kereta akan mendapatkan harga termahal, sampai tiga kali lipat harga tiga bulan sebelumnya.

Saya sempat galau, haruskah membeli tiket kereta sebagai syarat pengajuan visa Schengen? Dari beberapa pengalaman travel blogger lain, ada yang bilang wajib melampirkan tiket pesawat/kereta antar negara Schengen yang akan dikunjungi. Namun ada juga yang tidak melampirkan tiket kereta api, dan tetap sukses mendapatkan visa. Dalam lembar itinerary yang kami lampirkan untuk visa, kami tulis dalam keterangan bahwa tiket kereta antar negara akan kami beli setelah mendapatkan visa. Begitu juga ketika diwawancara, dijawab seperti itu. Alhamdulillah, visa tetap lolos.

Tiket kereta saya beli setelah aplikasi visa diterima, sekitar satu bulan sebelum tanggal keberangkatan. Semua bisa dibeli online dengan kartu kredit, melalui website berikut:

1. SNCF untuk kereta dari dan ke Perancis
2. Thalys untuk kereta tujuan Paris, Brussels, Cologne, Amsterdam
3. Bahn untuk kereta dari dan ke Jerman
4. Capitaine Train untuk semua rute kereta di Eropa

Tiket kereta api di Eropa, berdasarkan fleksibilitasnya ada 3 macam. Tiket promo yang paling murah (no-flex) biasanya tidak bisa dikembalikan (non refundable) atau diubah jadwalnya. Tiket semi-flex bisa diubah jadwalnya atau dikembalikan dengan biaya tertentu. Tiket yang paling mahal sangat fleksibel, bisa diubah jadwalnya dan diuangkan kembali tanpa biaya apapun. Semua tiket yang saya beli termasuk yang harganya paling murah, non-flexible.

Berdasarkan kelasnya, kereta api di Eropa ada 2 macam: kelas 1 (comfort 1, alias eksekutif) dan kelas 2 (comfort 2, alias ekonomi). Tidak perlu ditanya lagi, semua tiket kami kelas 2, karena tempat duduk dan kenyamanan gerbong kelas 2 ini sudah setara kelas eksekutif kereta api Indonesia :)

Ada diskon khusus untuk anak-anak, remaja, pensiunan dan yang mempunyai railpass. Kami tidak memakai railpass karena keliling Eropanya hanya ke negara-negara dekat saja. Saya belum menghitung sih, bisa seberapa hematnya. Anak-anak di bawah 4 tahun bisa gratis naik kereta. Anak-anak antara 4-11 tahun memakai tarif anak, sementara remaja usia 12-25 juga mendapatkan diskon untuk remaja. Ada juga penawaran diskon untuk grup. Untungnya, kita tidak perlu repot-repot menghitung diskon ini, karena akan dilakukan otomatis ketika kita memasukkan usia penumpang di website pemesanan tiket. Kalau pergi dengan keluarga, mintalah tempat duduk 'family seating', nanti akan diberikan tempat duduk berdekatan. Kita bisa melihat tempat duduk kita di denah, tapi tidak bisa menggantinya.

Sebelum membeli tiket, saya mendaftar dulu kebutuhan kami. Hari pertama di Eropa, kami akan bermalam di rumah saudara di kota Lens, Perancis utara, kira-kira satu jam dari kota Lille. Saya mengecek rute kereta di website SNCF, ternyata kami perlu naik dua kereta, TGV dari airport CDG ke Lille, kemudian dilanjutkan dengan kereta regional TER dari Lille ke Lens. Untuk kereta regional seperti TER, tidak perlu membeli tiket terlebih dahulu karena harganya tetap dan tidak ada nomor tempat duduk. Karena itu kami hanya membeli tiket TGV.

Setelah semalam di Lens, kami akan langsung ke Brussels. Dari Lille ke Brussels, kami kembali naik TGV, hanya perlu 36 menit untuk melintasi batas negara Perancis menuju Brussels. Setelah semalam di Brussels, kami melanjutkan perjalanan ke Cologne, Jerman dengan kereta Thalys (1 jam 47 menit). Di Cologne, kami tidak menginap, hanya transit saja sekitar 3 jam untuk melihat-lihat Katedral Cologne yang terkenal itu. Rencananya, koper-koper akan kami titipkan di stasiun. Pada hari yang sama, kami akan melanjutkan perjalanan ke Amsterdam. Kali ini kami naik kereta ICE (2 jam 41 menit) yang bisa dipesan via website BAHN. Hanya menginap dua malam di Amsterdam, kami kembali ke Paris dengan kereta Thalys (3 jam 17 menit), yang tiketnya saya pesan di website resminya.

Cara memesan kereta di masing-masing website sangat mudah, mirip dengan memesan tiket kereta api di Indonesia. Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain:

1. Pilih layanan berbahasa Inggris, biasanya dengan mengklik gambar bendera di pojok kanan atas. Saya sendiri juga pusing kalau harus baca bahasa selain Inggris :)
2. Pilih negara asal: Indonesia atau kalau tidak ada pilihan, pilih "other countries"
3. Pastikan kita tahu nama stasiun asal dan stasiun tujuan (buka google map). Di beberapa negara, satu kota mempunyai dua nama dalam bahasa yang berbeda. Misal, Brussels juga dikenal sebagai Bruxelles. Cologne biasa disebut Köln. Stasiun Brussels untuk kereta dari wilayah Perancis adalah Brussels Midi, sementara stasiun Köln di dekat katedral adalah Köln Hbf. Untuk Amsterdam, kami turun di stasiun Amsterdam Centraal, dan di Paris, kami turun di stasiun Gare du Nord.
4. Cek harga tiket di beberapa website. Saya menemukan tiket kereta ICE lebih murah di website Bahn. Sementara harga tiket Thalys sama saja, di website resminya atau di SNCF.
5. Kadang website tertentu tidak bisa memroses booking dengan kartu kredit dari Indonesia. Coba booking di hari lain atau ganti booking di website lain. Saya berhasil memesan tiket TGV di website SNCF dari CDG ke Lille. Tapi begitu saya coba beli lagi dari Lille ke Brussels, website-nya tidak mau terima. Akhirnya saya booking via Capitaine Train.
6. Pilih 'cetak tiket di rumah'. Tiket yang dicetak sendiri ini tidak perlu ditukarkan dengan tiket asli. Nantinya cukup ditunjukkan ke petugas, disertai identitas.
7. Bila pilihan 'cetak tiket sendiri' tidak ada, pilih 'ambil tiket di mesin tiket/stasiun'. Kita akan mendapatkan nomor referensi yang bisa digunakan untuk mengambil tiket melalui mesin tiket di stasiun. Pembayaran dengan kartu kredit tetap dilakukan di website pemesanan.

Berikut adalah tiket yang saya booking online, dengan harga untuk berempat (2 dewasa, 1 remaja dan 1 anak) dan website pemesanannya. Semua dibayar dengan kartu kredit dari Indonesia.

# CDG Airport - Lille Europe, kereta TGV, €49.50, dipesan via web SNCF
# Lille Europe - Brussels Midi, kereta TGV, €72, dipesan via web Capitaine Train
# Brussels Midi - Köln Hbf, kereta Thalys, €69,50, dipesan via web Thalys
# Köln Hbf - Amsterdam Centraal, kereta ICE €77, dipesan via web Bahn
# Amsterdam Centraal - Paris Gare du Nord, kereta Thalys, €167,50, dipesan via web Thalys

Saya tidak membandingkan harga tiket kereta ini dengan tiket pesawat. Coba cek sendiri di website Skyscanner.
Ada yang pernah membeli tiket kereta keliling Eropa juga? Via website apa?

~ The Emak 

 

Baca juga:
#EUROTRIP
VISA
Mengurus Visa Schengen Untuk Keluarga 
Membeli Asuransi Perjalanan Untuk Visa Schengen


TRANSPORTASI
Berburu Tiket Pesawat Murah ke Eropa
Terbang Ke Eropa Dengan Emirates
 
ITINERARY
Pertama Kali ke Eropa? Ini Itinerarynya!

PENGINAPAN
Mencari dan Memesan Penginapan dengan Airbnb  

Review Novotel Off Grand Place Brussels
Review Hotel Meininger Amsterdam


PACKING 
Tip Packing Ke Eropa

Comments

  1. Anonymous29.8.14

    mba, nanya ya, kl naik kereta bagasi kita gimana?thank u

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok bawa-bawa koper. Waktu itu kami bawa 1 koper besar dan 1 koper sedang. Ada tempatnya di ujung dan tengah gerbong. Cuma memang harus rebutan dg penumpang lain yg rata2 bawa koper besar juga. Tdk ada biaya tambahan.

      Delete
  2. itu biaya sekeluarga apa satu org?

    ReplyDelete
  3. Hallo, mao tanya dong. aku mggu depan tgl 14 ikut tour ke jerman n austria, trus extend dari tgl 19 mulai jalan sendiri 4 hari dari kota munich. planning ke praha, paris n swiss, kalo ada waktu ke roma. n flight pulang dari paris. bs bantu itinerarynya n lebih baik naik train or bus. n gmn yah caranya bookingnya, soalnya kmrn di situs bahn aku ud masuk, pas selesai produknya BUS, aku bingung itu bis ato train. please help me, asap.
    Thanks before ;p san san

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tahu jalur2 kereta, baca ini dulu: http://www.seat61.com.
      Lalu utk booking-nya, kalau antar negara mending pakai website ini: https://www.capitainetrain.com
      Situs Bahn biasanya bagus untuk kereta Jerman doang.

      Delete
  4. Anonymous20.11.14

    mbak mau minta tolong dong, ada ga contoh surat dari perusahaan yang menyatakan kita sebagai karyawan untuk kelengkapan pengajuan visa ke Belanda ? thanks ya..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. emailnya apa? aku kirim via email ya.

      Delete
    2. Mba mohon dikirim juga ke email ivonseptriyana@gmail.com terima kasih banyak mbak :)

      Delete
  5. Mbak bagi info nya juga dunk mbak contoh surat dari perusahaan yang menyatakan kita sebagai karyawan untuk kelengkapan pengajuan visa ke german... email saya redy_wibowo@yahoo.co.id mkshbak

    ReplyDelete
  6. mbak, bagi info dunk buat surat dari perusahaannya. email will_h4ns@yahoo.com trims mbak

    ReplyDelete
  7. dwi suryantini26.2.15

    Mbak, bagi infonya tentang surat dari perusahaan yg menyatakan kita karyawan untuk kelengkapan visa schengen nya... emailku dwi_suryantini@yahoo.com
    thank you :)

    ReplyDelete
  8. Anonymous12.3.15

    Emak Mala....mau dong srt ket karyawan...iswanti1323@gmail.com

    ReplyDelete
  9. Anonymous13.6.15

    mbak, mohon info buat surat ket dari perusahaannya ky gmn utk pgajuan visa schangen
    email sanny_acm@yahoo.com
    Thanks mbak

    ReplyDelete
  10. Infonya sangat bermanfaat. Mbak bolehkah minta contoh surat keterangan perusahaan utk apply visa Schengen? Terima kasi sebelumnya.. Email: ekokuswanto82@gmail.com.

    ReplyDelete
  11. Mbak.. aku juga mau ya dikirimin cth surat keterangan kerja ke email riny.savitry@gmail.com.. trus mau dikasih tau dong cara nyari nama dan rute stasiun di amsterdam dan kota lain di eropa.. thanks ya mbak..

    ReplyDelete
  12. Nice info. Mbak bolehkah minta contoh surat keterangan perusahaan utk apply visa Schengen? email sanny_acm@yahoo.com

    Thanks mbak

    ReplyDelete
  13. Mbak, saya juga mau donk dikirimin surat keterangan dari perusahaan tempat kita kerja, mau untuk mengajukan visa schengen ke Perancis. Emailku: suwitons@gmail.com. Suwun Mbak
    (Suwito NS)

    ReplyDelete
  14. Mbak mau donk dikirimin surat keterangan dari perusahaan untuk pengajuan visa schengen untuk rencana ke Paris emailku: suwitons@gmail.com

    ReplyDelete
  15. Mbak mau donk dikirimin surat keterangan dari perusahaan untuk pengajuan visa schengen.emaiku yullyyenati@gmail.com

    ReplyDelete
  16. Pagi mba, saya lita. mau Tanya. Saya ada rencana okt tahun dpn ke nice dalam rangka simposium, tgl 5-8 okt. Saya berencana brkt dr jakarta dan tiba di nice. Selesai simpo, kami planning utk sekalian jalan2. Rencana saya dr nice-paris-brussel-koln-amsterdam. Dan kembali ke jakarta dr amsterdam. Lama perjalanan antara 8-10hr. Pertanyaan saya utk perjalanan dg kereta dg itinerary spt itu apa cukup dg thalys? Brp biayanya? Dan lbh murah memakai eurail atau thalys ya mba. Kalau boleh diinfokan ke email saya ratujelita@yahoo.com. Terima kasih banyak mba

    ReplyDelete
  17. Pagi mba, saya lita. mau Tanya. Saya ada rencana okt tahun dpn ke nice dalam rangka simposium, tgl 5-8 okt. Saya berencana brkt dr jakarta dan tiba di nice. Selesai simpo, kami planning utk sekalian jalan2. Rencana saya dr nice-paris-brussel-koln-amsterdam. Dan kembali ke jakarta dr amsterdam. Lama perjalanan antara 8-10hr. Pertanyaan saya utk perjalanan dg kereta dg itinerary spt itu apa cukup dg thalys? Brp biayanya? Dan lbh murah memakai eurail atau thalys ya mba. Kalau boleh diinfokan ke email saya ratujelita@yahoo.com. Terima kasih banyak mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba, saya juga bisa dapat email untuk infromasi yang sama ? alamat email saya rika_anggraini@merck.com dan ke anggi1608@yahoo.com

      Delete
  18. Mbakku bermanfaat infonya buat yang pertama kali buat visa schengen seperti kami sekeluarga btw bisa minta dikirim contoh surat keterangan kerja/sekolah, contoh itinerary sheet, surat keterangan cuti ke novitaratna4233@yahoo.com...terima kasih ya mba 🙏❤

    ReplyDelete
  19. mba seneng deh bacanya membantu banget buat ak jadiin acuan bikin jadwal dan keperluan perjalanan....
    mba aku mau Tanya Tanya boleh emailin ke aku kisaran biaya ya
    emailku indirawardhana@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Indira. Makasih ya sudah baca blogku.
      Biaya2 sudah kutulis lengkap di masing2 artikel: kereta, pesawat, penginapan, visa. Tinggal biaya jajan dan suvenir aja. Ini daftar lengkap tulisan ttg Eropa.
      http://travelingprecils.blogspot.co.id/p/eropa_3.html

      Delete
  20. mba. aku lihat harga tiket kereta mahal. tapi mba isa dapat murah. tips ya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mendadak, udah dekat harinya memang udah mahal.
      Saya beli satu bulan sebelum keberangkatan.
      Kalau mau tiket paling murah, beli 3 bulan sebelumnya. asal jadwal sdh pasti.

      Delete
  21. Halo mba
    Infonya sangat bermanfaat bgt
    Boleh saya minta tlg dikirim contoh2 dokumen sbg persyaratan visa schengen? Tx ya

    ReplyDelete
  22. Ohya alamat email saya gya.rachman@gmail.com

    Thx a lot yaa

    ReplyDelete
  23. Mbak mau nanya Saya ada rencana keliling eropa, Saya masih bingung buat transpotasi buat antar Kota, Saya bingung manakah yg lebih mudah apakah Saya membeli eurail pass apa memesan tiket kereta seperti mbak? Terima kasih

    ReplyDelete
  24. Mbak Saya ada rencana keliling eropa,
    Saya masih bingung untuk transpotasi antar Kota dan negara yg lbh murah apakah Saya memakai eurail pass or membeli tiket seperti Mbak lakukan? Tiling infonya, terima kasih

    ReplyDelete
  25. Halo mba, sy ad rencana k Munich tgl 24 bln dpn. Kira2 kburu g utk ngurus visa ny skrg? Trus, kira2 alasan visa kita kmgknan bs dtolak ap y? Sy takut sdh dbeli tiket, gtwny ntar dtolak visa ny. Mksh mba..

    ReplyDelete
  26. Hallo mba, sy ad rencana ke Munich akhr bln dpn, ap keburu g y ngurus visany mnggu2 ini? Kr2 ap alasan yg bs mmbuat visa kita kmgkinan akan dtolak? Takutny tiket sdh dbeli, visa kita dtolak. Mohon jwbnny mba. Makash..

    ReplyDelete
  27. Halo mba, aku mau tanya klo beli tiket antar negara dari captaintrain ada biaya tambahan ga? Soalnya klo di web bhan di atas €50 kena €0.50 minimal kan lumayan ya hehehe, soalnya mungkin bisa aja feenya lebih dari €0.50 kecuali feenya flat segitu g terlalu berasa hehehe... itu tiket bisa dikirim lewat email semuakan kita tinggal print n perlu di validasi lagi ga? Makasih mba. Butuh pencerahan akhir april saya berangkat soalnya.

    ReplyDelete
  28. halo mbak .... artikel ini sangat membantu untuk prepare rencana perjalanan ke eropa saya ... selain itu saya mohon bantuannya untuk diberikan contoh surat keterangan dari perusahaan untuk karyawan menyatakan kita sebagai karyawan sebagai kelengkapan untuk rekomendasi membuat visa nya ..

    ReplyDelete
  29. Hi, mbak...mau tanya...jadi kalo naik kereta yg termurah apa ya....misalnya dari amsterdam ke paris. Terima kasih.

    ReplyDelete
  30. Ass, Mba. Sangat membantu setiap tulisan di blognya. Saya mau tanya, jika menggunakan kereta antar negara, ada min bagasi seperti pesawat tidak ya? Tks. :)

    ReplyDelete
  31. hi mba..asyik banget baca blognya mba. aku rencana mau brkt september nih utk 1 bulan. rencana mau brkt teman, tapi teman selalu merubah rubah rencana. kalo brkt sendiri aman ga ya ? rencana pengen ke belanda, jerman dan italy. trs sulit ga utk pindah2 antar negara nya ? atau di kereta di dlm kota nya apakah sulit ? thx before ya mba

    ReplyDelete
  32. Mbak bermanfaat infonya buat yang pertama kali buat visa schengen seperti kami sekeluarga btw bisa minta dikirim contoh surat keterangan kerja/sekolah, contoh itinerary sheet, surat keterangan cuti atau paket lengkap untuk persyaratan visa schengen ke dianpalupich@yahoo.com...terima kasih ya mba 🙏❤

    ReplyDelete
  33. Infonya ngebantu banget 😊

    ReplyDelete
  34. Nungky11.1.17

    Hi mba salam kenal..saya rencana mo ke eropa tgl 8april tahun ini. Karena waktunya sebentar(6 hari) pdhl saya pgn k bbrp negara min target sy bisa ke paris(datang/pulang), belgia(singgah), amsterdam, colognegermany..yang saya ingin tanyakan..apa aman jalan malam naik kereta ke antar negara dan jam operasi kereta sampai jam brp? Dan boleh tidak dikirim dokumen2 untuk pengajuan visa schengennya...sy renc buat visanya di kedutaan paris. E mail saya enung.yuniarti@yahoo.com..maakasih sblomnya..

    ReplyDelete
  35. Anonymous19.3.17

    Thanks infonya mba

    ReplyDelete
  36. buat gambaran tiket mudik
    http://daftarhargatiket.com/

    ReplyDelete
  37. mbak,

    tlg share contoh surat keterangan kerja dan cuti nya ya..tlg email ke dataoff@gmail.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow Our Instagram @travelingprecils

Popular Posts

Mengurus Visa Schengen Untuk Keluarga

5 Kafe & Bakery Halal di Area Bugis Singapura

Cruise 101: Pengalaman Pertama Naik Royal Caribbean

Pengalaman Memakai Grab Car di Bali

Makan Hemat di Kantin Karyawan Changi Airport