Membeli Asuransi Perjalanan Untuk Visa Schengen


Asuransi perjalanan merupakan salah satu syarat untuk mengajukan Visa Schengen. Sebenarnya ini urusan gampang, karena kita bisa membeli online. Tapi... di kasus saya ada beberapa hal yang membuat saya galau dan ribet sendiri. Begini ceritanya.
Ketika kita mendaftar pengurusan visa Schengen di website TLS Contact (agen untuk kedutaan Perancis), kita diberi daftar perusahaan bonafid penyedia asuransi perjalanan. Tinggal pilih salah satu dari perusahaan tersebut, beli sesuai lama perjalanan kita dengan minimal coverage atau pertanggungan sebesar EUR 30.000 per orang.

Berikut daftar pilihan perusahaan asuransi perjalanan: ACA, AIA, ACE, Chartis, AXA, Wintherthur, Harta, Sinar Mas, Assist-Card GSA, Grasia Unisarana, Zurich Insurance, Asuransi Allianz, Mega Insurance, dan China Taiping.

Dari daftar tersebut, saya cek beberapa website perusahaan asuransi yang pernah saya dengar namanya. Hasilnya, hanya AXA yang punya fasilitas pembelian online. Sebenarnya bisa saja kita beli asuransi dengan mendatangi salah satu kantor perusahaan tersebut atau lewat travel agen besar. Tapi saya yang pemalas ini enggan meninggalkan kursi dan laptop tercinta :D Saya putuskan untuk membeli online di website AXA. Toh dulu pernah beli online juga ketika kami jalan-jalan ke Singapura, dan tidak ada masalah.

Masalah muncul ketika saya baca-baca rekomendasi orang di blog. Ada dua blog yang bilang bahwa untuk keluarga, kita sebaiknya membeli asuransi secara terpisah, bukan yang paket keluarga (family package), karena pertanggungan totalnya kurang dari EUR 30.000 per orang. Nah, daripada salah, saya menuruti saran dari dua blog tersebut. Saya beli asuransi individu untuk Si Ayah sebesar $43 atau setara Rp 498.327. Pembayaran online dengan kartu kredit.


Dulu, ketika saya membeli asuransi AXA untuk perjalanan ke Singapura (waktu itu untuk jaga-jaga karena ada kiriman kabut asap dari Indonesia), setelah membayar, saya dikirimi polis dalam bentuk file pdf via email. Tapi, ketika membeli asuransi untuk Schengen ini, hanya ada kiriman invoice di badan email, seperti email otomatis tanpa embel-embel ucapan apa-apa. Dan dikirim via akun gmail. Waduh, saya jadi curiga dan deg-deg-an kalau terkena scam atau apa, atau membeli di website yang salah. Mosok perusahaan sebesar itu kirim invoice via akun gmail? Piye iki kalau duit $43 saya melayang?

Karena ragu-ragu, saya tidak melanjutkan pembelian untuk keluarga. Saya kontak AXA via akun twitter-nya dan mendapat konfirmasi bahwa memang invoice dikirim via akun gmail (lhah!). Sekalian saya tanyakan apakah paket asuransi keluarga sudah bisa meng-cover syarat visa Schengen. Mereka bilang coverage untuk keluarga adalah dua kali coverage individu. Kalau untuk individu sebesar USD 100.000, berarti paket keluarga sebesar USD 200.000. Hal-hal seperti ini yang tidak saya temukan di website mereka. Ternyata aturan tertulis tersebut ada di keterangan polis yang file-nya harus diunduh terpisah. 

Saya mulai tanya-tanya teman di twitter, apa ada yang sudah punya pengalaman membeli asuransi perjalanan untuk keluarga. Beberapa jawaban yang masuk adalah: "Waduh, nggak ingat. Waktu itu diurus sama kantor." Duh, enaknya yang diurusin (dan dibayarin) sama kantor.


Karena masih ragu, saya gunakan cara tradisional, mengontak agen AXA di Surabaya via telepon. Setelah diyakinkan bahwa paket keluarga sesuai dengan syarat visa Schengen, saya minta asuransi individu Si Ayah di-upgrade ke asuransi keluarga. Ini melibatkan penanganan banyak agen AXA melalui email. Tapi pelayanan mereka bagus kok. Semua bisa diselesaikan dengan email dan pembayaran dilakukan dengan transfer e-banking. Mereka juga mengirimi saya saya polis pdf yang lebih wangun daripada invoice dari akun gmail. Beres tanpa harus keluar rumah.

Paket asuransi keluarga Platinum (pertanggungan 2x USD 100.000) untuk 14 hari perjalanan harganya $68. Karena saya sudah membeli paket individu sebesar $43, saya tinggal menambah $25 atau Rp 288.175. Bayangkan berapa kerugian saya akibat salah informasi tadi. Kalau membeli 4 paket individu, harus keluar uang 4x $43 = $172. Padahal sebenarnya cukup bayar $68. Selisihnya $104!
   
Maafkan saya yang terlalu pintar matematika ini.



Nah, dari pengalaman saya yang berliku-liku dalam membeli asuransi perjalanan ini, kalian bisa ambil pelajaran dan tip-nya. Untuk keluarga dengan anggota maksimal 4 orang, kita bisa membeli paket keluarga, tidak perlu membeli asuransi terpisah. Kalau dihitung-hitung, syarat coverage EUR 30.000 per orang setara dengan USD 40.250. Untuk keluarga dengan empat orang, kita perlu coverage setara dengan USD 161.000, sementara coverage paket platinum keluarga sebesar 2x USD 100.000. Masih masuk kan? *pinter* Untuk keluarga dengan anggota lebih dari 4 orang, mungkin perlu beli 1 asuransi individu dan 1 paket keluarga. Atau coba tanyakan saja solusinya ke agen ;)

Cara Membeli Asuransi Perjalanan Online
1. Buka website AXA --> http://www.axa-insurance.co.id/bhs

2. Klik BELI ONLINE Asuransi Perjalanan Smart Traveller
3. Pilih perjalanan satu kali
4. Masukkan tanggal berangkat dan tanggal kembali sesuai rencana perjalanan. Lama perjalanan menentukan harga.
5. Masukkan tujuan: Seluruh dunia termasuk negara-negara Schengen
6. Pilih jenis pengajuan: KELUARGA. Masukkan jumlah tertanggung: 4 (empat)
7. Pilih Premi Worldwide Platinum
8. Masukkan identitas masing-masing anggota keluarga
9. Lanjutkan ke pembayaran. Bisa dengan kartu kredit (visa/mastercard), transfer bank atau bayar di Alfamart.
10. Selesai. Cek email untuk mendapatkan invoice/polis.

Ketika kelengkapan asuransi kami diperiksa oleh petugas di TLS Contact, ternyata mereka tidak memerlukan keterangan pertanggungan polis dan dokumen lain. Mereka hanya perlu nomor polis kita yang sesuai dengan nama di paspor. Sebenarnya cukup dengan menunjukkan print invoice, nggak peduli dikirim dari email gmail atau apa, hahaha.

Ada yang punya pengalaman lain ketika membeli asuransi perjalanan? Share di komentar ya :)

~ The Emak

 
Baca juga:
#EuroTrip
Mengurus Visa Schengen Untuk Keluarga 

Berburu Tiket Pesawat Murah ke Eropa Tip Membeli Tiket Kereta Keliling Eropa Terbang Ke Eropa Dengan Emirates Pertama Kali ke Eropa? Ini Itinerarynya!
Tip Packing Ke Eropa

Mencari dan Memesan Penginapan dengan Airbnb  

Review Novotel Off Grand Place Brussels
Review Hotel Meininger Amsterdam

Comments

  1. Berarti kalo aku sendiri aja, beli yg $43 itu cukup yah makk?
    Dulu ada tmn yang beli tapi €43, jatuhnya lebih mahal =,= nilai tukarnya kan beda yohh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, harusnya cuma $43, bukan Euro. tp itu cuma utk 2 mingguan ya. kalo mau sampai sebulan atau lebih tentu tarif beda lagi.

      Delete
    2. Hallo say .. numpang tanya .. itu memang harga segitu untuk schengen ?? Atau perpax .. maksudnya harga segitu untuk amsterdam .. trus harga segitu untuk italia .. sooalnya diriiku di twarin sama tour perpax harganya 625rb bebp ..

      Delete
    3. Hallo bebp .. numpang tanya yah .. harga segitu untuk semua negara atau perpax .. soallnya diriku di twarin sama tour agent katanya pembelian asuransi schengen perpax bebp.. mohin bantuaannya yah bebp

      Delete
    4. Jika butuh travel insurance atau mau konsultasi bisa menghubungi saya.. By email franky_astrada@yahoo.com
      Cantumkan nama..no wa atau hp..pertanyaan..
      Saya sangat senang bisa membantu Anda..

      Delete
  2. Lumayan nih, bisa dipertimbangkan buat pakai asuransi. Hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah singgah Kak :)

      Delete
    2. Anonymous22.7.18

      Minta rekomendasi dong buat zurich insurance.. saya mau cari visa traveling ke ukraina..

      Delete
  3. Anonymous19.9.14

    Mbak , kalau pergi ber dua ( suami-istri ) beli asuransi nya individu juga ? jadi beli 2 asuransi ? Thanks - Nurul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Individu $43. Family $68.
      Kalau saya berdua sama suami sih pilih yg family. Lebih murah kan daripada 2x $43?

      Delete
    2. Anonymous16.2.15

      Siiiip infonya nih..

      Ikutan tanya ya, mak..
      Kl pergi berdua sama bunda, tapi lama perjalanan nya ga sama, apa mending pake individu aja ya, mak? Bunda lebih lama di sana.. Mohon sarannya..

      Terima kasih..
      Dee

      Delete
  4. Anonymous20.9.14

    Thanks for sharing Mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. no worries. senang bisa membantu.

      Delete
  5. kalo aca gimana? saya rencana juga pake aca untuk pengajuan schengen visa nya.
    sebenernya sih pengen yang paling murah hehe,, mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. blm pernah beli ACA. kalo lebih murah ya ambil aja. aku beli AXA karena prosesnya gampang, bisa online, gak pake keluar rumah :)

      Delete
  6. Coba pake zurich punya, tmn2 blg klaimnya cepet, polis yg familynya ngga hrs suami istri, bisa temen ato sodara.. jadi jatohnya lbih murah kl mau beli patungan ama temen :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. @rachel thanks infonya. bisa jadi alternatif untuk yang lain :)

      Delete
    2. Anonymous22.7.18

      Minta info contaknya zurich mas..

      Delete
  7. Mak nanya yaa..
    lg bandingin bbrp asuransi juga, ketemu yang paling murah untuk family package (16-20 hari) itu allianz ($63). tapi total pertanggungan USD 50.000 aja (brarti USD 100.000 kan ya?) nah krn pergi berdua suami (2pax) brarti masih masuk yah? *maapkan saya yg malas matematika mak* hihihii
    atau menidng ambil axa aja ya biar yakin n pasti? :))
    Tengkyu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek kurs sekarang. Google: USD to IDR, masukkan 50.000. Asal jadinya lebih dari EUR 30.000 ya bisa masuk.

      Delete
    2. Anonymous25.1.17

      Nanya mb.kalao proses klaimnya gimana y.sistem reimbursment atau tidak?misalkan kejadian masuk rs saat di luar negeri apakah cukup tunjukin paspor serta email polis ke rs saja atau gimana.thanks

      Delete
    3. Anonymous1.11.17

      Untuk asuransi AXA Smart Traveller, biar lebih murah lagi, bisa pakai kode promo S04R083G pas lagi order online di web-nya. Lumayan dapet potongan langsung 10%, mbak.. (Kode promo bisa dipake berulang-ulang). Praktis, abis pesen online, bayar pake kartu kredit atau trf bank, atau bayar di Alfa, selang waktu 15 menit kemudian lgs dapet polisnya di email :) Monggo pake aja kode promonya, bisa dipake dari tangan ke tangan koq..

      Delete
  8. infonya ngebantu banget nih si emak,,, jadi deh jalan2 :))

    ReplyDelete
  9. mbak...klo beli asuransi online untuk submit ke TLS nya cukup dgn konfirmasi yg dikirim AXA ke email kita aja atau harus bawa polis originalnya ya? soalnya di list document yang hrs disubmit hrs original ktnya.
    thanks

    ReplyDelete
  10. Lagi cari2 asuransi perjalanan, tiba2 nemu postingan ini... terima kasih tipsnya!

    ReplyDelete
  11. Jika Anda membutuhkan pinjaman mendesak?

    * Sangat cepat dan mendesak transfer ke rekening bank Anda.
    * Pelunasan dimulai enam bulan setelah Anda mengumpulkan uang ke rekening bank Anda.
    * Suku bunga rendah 3%
    * Payback jangka panjang (1-30 tahun) durasi.
    * Persyaratan pinjaman Fleksibel dan pembayaran bulanan.

    Hubungi perusahaan pinjaman hukum dan berlisensi berwenang untuk memberikan bantuan keuangan ke negara manapun. Untuk informasi lebih lanjut dan aplikasi pinjaman sekarang menghubungi melalui e-mail: abdulhamidfinance@gmail.com

    Kami menyesuaikan solusi keuangan yang terstruktur untuk kelompok memilih klien dan investor. Kami reputasi yang sangat baik untuk menyediakan kelas produk pinjaman keuangan dengan layanan pelanggan yang luar biasa.

    ReplyDelete
  12. Apakah Anda seorang pebisnis atau wanita? Jika dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Jika Anda membayar tagihan Anda atau utang untuk menyelesaikan, atau apakah saya perlu pinjaman untuk memulai bisnis yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan itu adalah bank lokal sulit / menemukan modal untuk mendapatkan kredit dari lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman atau pembiayaan untuk alasan apapun, jika Anda suka,

    * Kendaraan Kredit
    * Real Estate Pinjaman
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman Lainnya
    * Credit Line
    * MasterCard

    Silahkan hubungi kami melalui email: My Theresaloancompany@gmail.com
    Catatan: Pinjaman adalah memberikan untuk tingkat bunga tahunan hanya 2%. Silahkan Anda akan diberikan kredit di negara manapun di dunia harus diberitahu tinggal.

    Setiap klien membutuhkan, harus memberikan kami informasi berikut untuk membuka file proses pemberian kredit.

    1. LENGKAP NAMA: ...............................
    2. ALAMAT: .............................. .. ...
    3. PEKERJAAN: .....................
    4. NEGARA: ........................
    5. SITUASI: ........................ ..
    6. Kota: ...........................
    7. SEX: ............................
    8. Umur ........................... ..
    9. PONSEL NOMOR: ............ ..
    10. JUMLAH KREDIT SEBAGAI PERLU: ..........
    11.Monthly Penghasilan ..................
    12.DURATIO dari: ..................... ..
    13. PINJAMAN TUJUAN ...............

    Terima kasih atas kerja sama anda
    THERESA PINJAMAN PERUSAHAAN
    ALAMAT EMAIL: Saya Theresaloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  13. Wurry1.7.15

    Terimakasih infonya, really helpful... :)

    ReplyDelete
  14. Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Jika dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Jika Anda membayar tagihan atau utang untuk menyelesaikan, atau apakah saya perlu pinjaman untuk memulai bisnis yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan itu sulit bank lokal / modal yang ingin mendapatkan kredit dari lembaga keuangan lain? Apakah Anda membutuhkan pinjaman atau pembiayaan untuk alasan apapun, jika Anda suka,

    * Kredit Kendaraan
    * Real Estate Pinjaman
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman Lainnya
    * Kredit
    * MasterCard

    Silahkan hubungi kami melalui e-mail: Saya Theresaloancompany@gmail.com
    Catatan: Pinjaman memberikan tingkat bunga tahunan hanya 2%. Harap Anda akan diberikan kredit di negara manapun di dunia harus perumahan.

    Kebutuhan pelanggan, kita perlu memberikan informasi berikut untuk membuka file proses pemberian kredit.

    1. LENGKAP NAMA: ...............................
    2. ALAMAT: .............................. .. ...
    3. KERJA: .....................
    4. NEGARA: ........................
    5. KONDISI: ........................ ..
    6. Kota: ...........................
    7. SEX: ............................
    8. Umur ........................... ..
    9. PONSEL NOMOR: ............ ..
    10. JUMLAH KREDIT DIBUTUHKAN: ..........
    Penghasilan 11.Monthly ..................
    12.DURATIO dari: ..................... ..
    13. PINJAMAN TUJUAN ...............

    Terima kasih atas kerja sama anda
    Theresa PINJAMAN PERUSAHAAN
    ALAMAT EMAIL: Saya Theresaloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  15. Allah menjadi kemuliaan, yang Anda cari pinjaman? tolong saya menyarankan semua orang di sini sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak lender pinjaman palsu pihak ketiga yang bekerja untuk pemberi pinjaman ini sama palsu di sini. Saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman kredit ini penipuan pada kesempatan-5, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. i hampir mati dalam proses karena saya hampir dipenjara oleh orang-orang yang saya mengambil sedikit uang dari kredit karena saya mampu membayar mereka pada waktu sebelum teman saya di luar negeri menelepon saya dan memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman saat aku mencoba, karena saya punya tidak ada pilihan selain untuk mencoba dan mencari tahu mereka akan terjadi pada Lender Pinjaman asli. Saya mendapat pinjaman saya dari GRACE MORGAN PINJAMAN PERUSAHAAN tanpa stres, jadi saya memutuskan untuk membuat kesaksian ini. tolong saya saran Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda kontak GRACE baik MORGAN PERUSAHAAN PINJAMAN melalui email: Gracemorganloancompany@gmail.com .... Allah membantu Anda dan sangat berhati-hati

    ReplyDelete
  16. Halo, saya boxim Mr Phillip, pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman. Apakah
    Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk
    meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh Bank dan lainnya
    badan-badan keuangan? Apakah Anda memerlukan konsolidasi pinjaman atau hipotek? mencari
    untuk lebih karena kami di sini untuk membuat semua Riwayat masalah keuangan Anda.
    Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan keuangan
    Bantuan, yang memiliki kredit yang buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk
    berinvestasi dalam bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk
    memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat diandalkan dan Penerima dan
    akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: boximloancompany@gmail.com.

    ReplyDelete
  17. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk investasi yang lebih besar? Pinjaman untuk ekspansi bisnis? Pinjaman untuk investasi baru? Pinjaman untuk melunasi utang jangka panjang dan tagihan. Cari tidak lebih, kita pemberi pinjaman dalam hubungannya dengan bank dan jaminan penawaran yang transparan, menawarkan pinjaman dengan bunga rendah, non agunan. Kami di sini untuk menempatkan dan mengakhiri kemiskinan dan pengangguran, karena setiap orang memiliki / potensi sendiri. Hubungi kami hari ini dan Anda akan menjadi salah satu pelanggan kami yang terhormat. Email: anitacharlesqualityloanfirm@gmail.com atau anitacharlesloancompany@mail.com. Terima kasih untuk datang.

    ReplyDelete
  18. Anonymous14.7.15

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak?
    Butuh pinjaman bisnis?
    Membutuhkan pinjaman untuk investasi Anda?
    Membutuhkan pinjaman untuk membiayai masalah Anda?
    Butuh pinjaman pribadi?
    Membutuhkan pinjaman bisnis dan industri pinjaman?
    Email kami dengan ini formulir permohonan pinjaman di bawah
    Hubungi kami melalui: fredrickrichardcompany@gmail.com

    Data Pribadi

    nama:
    Tanggal lahir:
    No Telepon:
    Nama Jalan:
    Kabupaten / Kota:
    County Nama:
    Pendapatan Bulanan:
    seks:
    Judul Pekerjaan:
    Tujuan Pinjaman:
    Jumlah Pinjaman:
    Durasi Pinjaman:
    Berikutnya Of Kin:

    Hormat kami,
    Mr. Fredrick

    ReplyDelete
  19. Anonymous18.8.15

    Mas. Aku mau beli asuransi perjalanan axa untuk 30 hari tapi aku liat asuransi yang 31 hari ada jufa. In case ada keterlambatan pesawat atau apa bukankah lebih baik beli yang 31 hari ? Akan bermasalah gak ya dikedutaan belanda ?

    Thanks

    Tolong bales via email juga

    Afniwiranti96@yahoo.com

    ReplyDelete
  20. share pengalaman pribadi yang bermanfaat terimakasih banyak! semoga berkah!!! sebetulnya rada ragu apa harus keluar duit lagi buat asuransi perjalanan misalkan jika kita sudah memiliki asuransi kesehatan keluarga yang sudah mengcover resiko yang mungkin terjadi? biar combo claim gitu?

    ReplyDelete
  21. Halo, saya beberapa kali pakai Assist Card, karena cari yang ada emergency contact nya, utk jaga-jaga kalau ada masalah mendesak.
    Assist card ada app-nya jadi bisa chat jika diperlukan.
    Nah tahun lalu pakai assist card, kejadian kamera hilang (entah ketinggalan di bus atau di halte). terus kita coba dong kontak Assist cardnya karena kita lihat ada klausa "reimbursement kalau ada barang hilang" nilainya ga besar sekitar USD 300 pdhal yg hilang kamera harga Rp 6 juta lebih.
    Ini kejadian di San Fransisco yang waktu kita mau ke kantor polisi setelah nanya2 dengan satpam di area itu, mereka bilang kalau kejadian kehilangan cukup lapor ke website polisi aja.
    nah setelah kita kirim email dokumen laporan, dari Assist card dibilang itu tidak dicover.. mereka cuma nawarin kita polis gratis utk perjalanan berikutnya.
    ya gitu deh, jadi males deh pake si Assist, udah app nya bermasalah chatnya putus nyambung.. ujungnya ga bisa klaim..
    kalau emang standarnya barang hilang nga bisa diklaim ya cari asuransi travel yang murah meriah aja sekedarnya..

    ReplyDelete
  22. untuk pembelian online AXA TRavel Insurance dan dapat potongan 10% bisa pakai URL
    http://asuransitravelonline.com/

    ReplyDelete
  23. halo, saya baru pertama kali mau urus asuransi perjalanan. dan saya masih sangat awam. karena untuk minimum cover 30.000 euro, untuk mengetahui berapa besar jumlah asuransi yg di cover di AXA itu dibagian mananya ya? kan ada asuransi kecelakaan, dll. mohon bantuannya. terimakasih :))

    ReplyDelete
  24. Anonymous26.1.17

    Hello. Mau tanya kalau sistem klaim asuransi travel pakai reimbursement?atau hanya perlu tunjukin form polis ke rs nya saat di luarnegeri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa wa ke saya untuk konsultasi 0817244986

      Delete
  25. Anda memang benar Ridwan. Ada kebenaran dalam komentar Anda. Saya juga telah menerima pinjaman dari organisasi ini disebut KIVA. Saya menghubungi (info.kivafunding@gmail.com) Mereka sangat tulus. Terima kasih untuk berbagi informasi ini.

    ReplyDelete
  26. Pengalaman pertamakali pakai Assist Card, pas beli juga direkom oleh Travel Agent Anugerah Wisata di Jakarta.

    Pada saat beli, kita hanya dpt file data kartu yg di email, tanpa ada polis lengkap, eh ternyata kejadian beneran naek Emirates tapi koper ketinggalan di Dubai gr2 penerbangan yg terlambat & barang tdk sempat ikut berangkat ke Eropa, dimana kondisi pas winter (Feb 2017).

    Dengan kondisi suhu 2'C maka otomatis harus beli jaket, kaos kaki, baju, mantel, syal, topi dll krn semua barang ada di koper yg entah dimana & menurut informasi Emirates akan dikirimkan dlm waktu 24 jam ke hotel.

    Karena ada klausul keterlambatan bagasi maka saya sudah ngumpulin semua dokumentasi bon2 dll untuk bisa di claim. Kebayang gak sih, baru mendarat di luar negeri, panik ga punya baju dan koper entah dimana & ga tau kapan balik, msh harus cari baju hangat tengah malam pula gr2 biar ga pingsan kedinginan begitu keluar bandara?

    Setibanya di Indonesia, ternyata Assist MENOLAK claim, dg alasan pas kehilangan barang tidak menghubungi contact center mereka dlm 24 jam. Nah, klausul WAJIB lapor 24 jam ini yang saya cek di dokumen yg dikirim itu, SAMA SEKALI tidak ada informasi. Yg ada info hanya kalau kehilangan dicover max skian dll.

    Lah, kalo ini persyaratan utama klaim, kenapa kok nggak diinfokan jelas2 di awal? Emangnya kita sebagai customer sengaja gak nelpon kalo emang udah tau hrs nelpon, kan ya enggak... seheboh2nya koper ilang, kalau kita TAU harus lapor ya pasti lapor tp dalam hal ini mereka ga mau tau dan ga mau bertanggungjawab atas ketidaklengkapan informasi yg ada dalam dokumen tersebut..

    Kesimpulan, kapok deh pake Assist Card.
    Kayaknya sengaja info penting disembunyikan biar ga perlu proses claim kali ya?

    Belakangan baru saya baca di Yelp ternyata banyak orang juga claimnya ditolak dg berbagai alasan, dan malah beberapa RS menolak menerima kartu Assist gr2 mrk seringkali menolak bayar tagihan pasien ke RS juga. Waduh....

    ReplyDelete
  27. Anonymous11.7.17

    Oke. Kemarin saya 28 us untuk 10 hari di sini recomended http://haryprasetyo.blogspot.co.id/2016/05/cara-membeli-asuransi-perjalanan-untuk.html?m=1

    ReplyDelete
  28. Haii...mau tanya untuk AXA smart traveller itu apakah wajib beli yang platinum? karena kalau lihat maksimal pertanggungannya, yang paket gold juga sepertinya sudah cukup ya (USD 50,000)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup mbak, banyak yang pakai GOLD, dan visa Schengennya approve juga kok :)

      Delete
  29. mba, tolong tanya, coverage paket platinum keluarga sebesar 2x USD 100.000?? sy lihat di Form isian AXA paket Family Paltinum, terlulis Sampai dengan $100,000 untuk Kecelakaan Diri & Biaya Pengobatan. yang 2 X 100.000 itu lihat dimana? apakah di dalam POLIS nya? tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul pak, ada di dalam polis. Untuk individu, 100ribu USD, tetapi untuk paket keluarga, menjadi 200rb USD untuk TOTAL keluarga, meskipun dalam keluarga itu ada 4 orang.

      Delete
    2. tinggal dikalikan saja pak.. Utk info lanjut silahkan wa saya untuk konsultasi 0817249986

      Delete
  30. kalau saya pergi dengan Ayah saya, apakah ambil paket individu atau family, yah Mba?
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan ayah, atau dengan orang lain, di AXA Smart Traveller, bisa ambil paket Keluarga. Jadi paket keluarga itu bisa untuk 2 orang tanpa hubungan darah. Yang penting, pergi dan kembalinya ke Indo, bersama-sama (Selama di sana juga sih, bukan pisah rute ya jadi)..

      Delete
    2. Boleh hub i wa saya di 0817249986.. Saya jelaskan detail

      Delete
  31. Boleh bu dikonsultasikan dengan saya di wa 0817249986

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow Our Instagram @travelingprecils

Popular Posts

Mengurus Visa Schengen Untuk Keluarga

5 Kafe & Bakery Halal di Area Bugis Singapura

Cruise 101: Pengalaman Pertama Naik Royal Caribbean

Makan Hemat di Kantin Karyawan Changi Airport

Pengalaman Memakai Grab Car di Bali