Pertama Kali ke Eropa? Ini Itinerarynya!


 
 
Skrinsyut website www.rome2rio.com

Bagi saya, merencanakan perjalanan adalah kesenangan tersendiri. Travel planning is half the fun. Apalagi ketika menyusun itinerary untuk perjalanan yang sudah saya impikan sejak dulu. Ke Eropa cuy!

Karena akan pergi sekeluarga, saya harus mengakomodasi keinginan masing-masing orang, yang tentu saja berbeda-beda. Yang jelas, kami akan ada di Paris minimal 4 hari, karena Si Ayah ada tugas presentasi paper, membawa nama Indonesia. Selanjutnya ke mana? Bisa saja sih kami hanya keliling-keliling seputar Paris dan di satu negara Perancis saja. Perancis yang besar itu tidak akan habis dijelajahi dalam waktu dua minggu. Tapi mosok sudah sampai ke Eropa cuma ngendon di satu negara? Rugi banget, apalagi sudah repot urus visa Schengen yang bisa dipakai di 26 negara. Tambahan lagi, Big A sudah pengin banget menambah koleksi negaranya.

Saya survey ke anggota keluarga. Si Ayah bilang ingin ke Swiss. Meskipun Si Ayah suka dengan wisata kota atau sejarah, dia lebih senang kalau bisa memotret pemandangan (landscape photography). Big A pengen ke Jerman, karena tugas akhirnya di kelas 6 tentang negara tersebut, jadi dia ingin sekali mampir ke sana untuk membuktikan apa yang sudah dia pelajari. Little A keinginannya sederhana: ingin ke Disneyland. Saya sendiri ingin ke Amsterdam, melihat-lihat kanal dan mencari jejak Hindia Belanda di sana.

Kalau jalan-jalannya ikut grup tur tentunya tidak perlu repot-repot mengurus itinerary, tinggal ikut saja apa jadwal yang ditawarkan mereka. Biasanya mereka menawarkan 12 hari keliling Eropa, mengunjungi 4-5 negara dengan bis wisata. Saya mengintip itinerary dua agen perjalanan untuk inspirasi. Itinerary Golden Rama 12 hari: Jakarta - Frankfurt (transit) - Roma - Pisa - Prato - Venice - Zurich - Mt Titlis - Lucerne - Paris - Brussels - Amsterdam - Frankfurt (transit) - Jakarta. Harga USD 2.428. Itinerary Dwi Daya 12 hari: Jakarta - Amsterdam - Paris - Dijon - Lucerne/Zurich - Mt Titlis - Lucerne/Zurich - Venice - Pisa - Rome - Jakarta. Harga USD 2.570. Harga keduanya belum termasuk visa. Duh, baca itinerarynya saja saya capek. Saudara kami pernah ikut tur semacam itu, memang bisa melihat dan mampir ke ikon-ikon penting di Eropa, tapi ya cuma sebentar-sebentar saja dan tidak puas. Saya juga membayangkan anak-anak tidak akan kuat dengan jadwal sepadat itu. Jalan-jalan dengan tur grup memang bukan gaya kami yang lebih suka slow traveling dengan menjelajah sendiri satu kota selama mungkin. Kekurangan tidak ikut tur, kemungkinan waktunya tidak efektif karena kalau mau molor-molor terserah kita, selain itu kemungkinan tersesat juga besar. Tapi itu lah asyiknya :D

Itinerary tak bisa dilepaskan dari biaya atau budget yang kita sediakan. Transportasi antar negara di Eropa dan transportasi lokal yang akan kita pakai sangat memengaruhi anggaran. Oh, iya, dari awal kami sudah tentukan Euro Trip kali ini hanya mengunjungi negara-negara dalam wilayah Schengen saja, tidak sampai mengunjungi London (Inggris) karena untuk ke sana memerlukan visa yang berbeda.

Setelah tahu kota mana saja yang akan kita kunjungi, langkah pertama yang saya lakukan adalah membuka Google Map. Really, google map is your best friend. And slow internet connection is your worst enemy. Untuk tahu moda transportasi dan biaya yang dibutuhkan untuk jalan dari satu kota ke kota lain, saya dibantu oleh website Rome2Rio. Website ini memberi gambaran kasar berapa jarak dari Paris ke Amsterdam, misalnya, dan moda transport apa saja yang bisa dipilih (kereta, bis, pesawat, sewa mobil, dll) beserta kisaran biayanya.

Saya dan Si Ayah benci naik pesawat terbang karena harus cek in awal dan melewati sekuriti. Tambah ribet kalau bawa-bawa koper besar. Dan lagi, biasanya bandara terletak di luar kota sehingga perlu biaya tambahan dari kota menuju bandara. Meski kadang harga tiket pesawat sedikit lebih mahal daripada naik kereta, kami tetap memilih naik kereta karena lebih nyaman bagi kami, dan sama cepatnya. Untuk membantu memilih kereta, saya mengandalkan website Seat 61 yang sangat lengkap membahas perkereta-apian di seluruh dunia. Dari website tersebut saya bisa tahu kereta-kereta apa saja yang melayani jalur yang saya inginkan. 

Kami sudah memutuskan membeli tiket Singapore - Paris (CDG), naik Emirates. Karena itu itinerary saya mulai dari Paris. Pada awalnya saya mengajukan rute klasik Paris - Brussels - Amsterdam saja, agar punya banyak waktu menjelajahi masing-masing kota. Untuk rute tersebut, kita cuma perlu satu jenis kereta saja, yaitu Thalys. Setelah saya amati lebih jauh, ternyata kereta Thalys juga melayani rute dari Brussels ke Cologne (Köln) di Jerman. Dan dari Cologne juga ada kereta ICE menuju Amsterdam. Akhirnya Cologne saya masukkan sebagai day trip.

Rupanya rute yang menurut saya sempurna ini tidak serta merta disetujui Si Ayah yang masih pengin melihat 'pemandangan' di Eropa, tidak cuma kota-kota saja. Si Ayah bahkan menanyakan mengapa saya pengin banget ke Amsterdam. Apa yang bisa dilihat di Amsterdam? Duh, sampai pengin nangis saya, hiks. 

Akhirnya saya membuatkan rute alternatif, Brussel dan Amsterdam saya ganti dengan kota-kota di Italia, melewati Swiss, kemudian baru ke Paris. Harga dan jadwal tiket pesawat saya cek di Skyscanner. Ternyata jatuhnya lebih mahal! Hahaha. Tentu saja Si Ayah pilih yang lebih murah. Saya bilang ke dia: Italia harus kita kunjungi sendiri, nanti kita road trip dari selatan ke utara. Swiss pun bisa kita tengok lain kali, lebih keren di musim dingin sambil main salju (pede banget, amin). Begitulah, akhirnya kami sepakat rute klasik tersebut, dengan moda transportasi kereta antar negara.

Rute kereta Thalys
Google Map is your best friend!
Ketika mengajukan visa Schengen, itinerary kami belum selesai. Saya dan Si Ayah masih bertengkar, berapa hari sebaiknya menginap di masing-masing kota. Kami juga punya rencana mengunjungi saudara di kota Lens (1 jam dari Lille). Untuk keperluan visa, kami menggunakan itineray simpel Paris - Lille (Perancis Utara) - Brussels - Paris. Akomodasi kami pesan online dari website booking.com yang bebas biaya pembatalan: 2 malam di Lille, 2 malam di Brussels. Akomodasi di Paris sudah pasti, kami pesan apartemen dari AirBnb untuk 7 malam dibayar di muka. Setelah mendapatkan visa, kami membatalkan pesanan hotel via website booking dot com, dan mulai membeli tiket kereta. Setelah mendapatkan tiket kereta, kami baru memesan akomodasi dengan harga terendah (tidak bisa dibatalkan). 

Berikut Itinerary lengkap kami:
Hari 1: Surabaya - Singapura - Dubai 
(AirAsia/SQ, Emirates, bermalam di pesawat)
Hari 2: Dubai - Paris CDG airport - Lille - Lens 
(Emirates, kereta TGV 1 jam, TER 45 menit, bermalam di rumah saudara)
Hari 3: Lens - Lille (kereta TER, 45 menit), Lille - Brussels (kereta TGV, 36 menit), bermalam di Novotel Grand Place)
Hari 4: Brussels - Cologne (kereta Thalys, 1 jam 47 menit), Cologne - Amsterdam (kereta ICE, 2 jam 41 menit), bermalam di Meininger Hotel)
Hari 5: Amsterdam 
(bermalam di Meininger Hotel)
Hari 6: Amsterdam - Paris
(kereta Thalys 3 jam 17 menit, bermalam di apartemen airbnb)
Hari 7 - Hari 12: Paris
(bermalam di apartemen airbnb)
Hari 13: Paris - Dubai 
(Emirates, bermalam di Dubai airport)
Hari 14: Dubai - Singapura - Surabaya
(Emirates, China Airlines)

Tip membeli tiket kereta antar negara di Eropa bisa dibaca di sini.

Ada yang pernah ke Eropa dengan keluarga? Pilih ke kota mana saja?

~ The Emak

 
Baca juga:
#EUROTRIP
VISA Mengurus Visa Schengen Untuk Keluarga  Membeli Asuransi Perjalanan Untuk Visa Schengen


TRANSPORTASI

Berburu Tiket Pesawat Murah ke Eropa Tip Membeli Tiket Kereta Keliling Eropa Terbang Ke Eropa Dengan Emirates
 
PENGINAPAN
Mencari dan Memesan Penginapan dengan Airbnb  
Review Novotel Off Grand Place Brussels
Review Hotel Meininger Amsterdam

PACKING  Tip Packing Ke Eropa

Comments

  1. Sementara ini cuma bisa mupeng sambil ngelap iler n berharap suatu hari bisa menjalani rute diatas
    #wishfullfriday ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin... *nyumbang doa* :)

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. Senangnya yang baru pulang jalan-jalan ke Eropa...capek tapi puas dan hati bahagia ya mbak? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puas sih, untuk saat ini :) Capek dan bahagia, sampai saatnya membayar tagihan kartu kredit, hahaha.
      Tapi nggak akan pernah kapok traveling lagi.

      Delete
  3. mba...kalo bebas biaya pembatalan itu, maksudnya ga ada biaya pembatalan atau uang pembeliannya sekalian dikembalikan? :) hhihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketika pesan kamar di booking.com, kami tidak perlu bayar dulu, tanpa DP. Tapi tetap harus mencantumkan nomor kartu kredit, meski belum di-charge. Ketika membatalkan pesanan (via login di booking.com) tidak ada biaya apapun yang perlu dibayar. Sewa kamar pun belum di-charge di kartu kredit. Semoga jelas :)

      Delete
    2. Mba mhn kejelasan nya lagi,apakah pesanan on line hotek dan tiket yang free cancelling dpt di pakai untuk urus visa ke eropa?apakah stkh di ganti booking apatemen via airbnb dpt ditetapkan dan biasanya book tsb sebelum entry negara tsb atau sebelum jauh hari agar lebih murah.Terima kasih.

      Delete
  4. Anonymous15.8.14

    Any problem driving a left hand drive car?

    ReplyDelete
    Replies
    1. We didn't drive. We took public transport all the time. But yes, when we went biking in Amsterdam, we needed some time to adjust from ride on the left side to ride on the right side of the road.

      Delete
  5. Wah pingin banget!! moga2 bisa segera icip icip.

    ReplyDelete
  6. Someday, will do the euro trip too ^^ *mupeng*

    ReplyDelete
  7. retno23.9.14

    mba, kalau boleh bs share itinerarynya kah yg dipake atau ditunjukkan untuk pengurusan visa?kalau possible bisa melalui email gitu?ke neno_hello@yahoo.com, pengen tahu mba utk penyusunan itinerary , inspirasi dr yang sdh diapproved visanya, hehhehe , makasih banyak ya Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah kukirim ke email

      Delete
    2. retno24.9.14

      terimakasih ya mba

      Delete
    3. Love your blog sis, thanks a lot y

      Delete
    4. @little bird sama-sama. terima kasih sudah singgah.

      Delete
    5. Anonymous26.11.16

      Boleh donk share itinerary-nya ke email aku? eskinosen@yahoo.co.id thanks.

      Delete
  8. wiii asiknya, thks tips-tips nya ya mbak.. pengen juga nih cari promo emirates, tp mgkn masih tahun2 dpn nunggu baby gedean..

    ReplyDelete
  9. Anonymous30.12.14

    Mbak nanya ya, kalau dari Dijon ke Paris enaknya naik apa ya ?

    ReplyDelete
  10. Anonymous20.1.15

    mbak ade salam kenal!

    mbak ade..aku juga mau minta contoh itinerary nya pada waktu pengajuan visa boleh? diemail ke lisihuang@ymail,com thank you! regards, grace

    ReplyDelete
  11. Anonymous13.2.15

    sama mba...hehhee semoga gak keberatan ,,,sept ini saya rencana ke eropa juga selama 12 hari...kalau gak merepotkan diemail ke : rinirustianty@gmail.com...makasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
  12. wwooow lengkap sangat dan banyak sekali yang di kunjungi, itu pakai travel agen mas?
    saya sih sering pakai agen wisata fiesta indonesia, pas itu cuma german mas jadi mau lagi deh
    www.facebook.com/fiestaindonesia/
    thanks infonya

    ReplyDelete
  13. mantap bgt ya...ternyata paling enak klo basecamp nya di bussel ya...jd di tengah2 kemana2 aja jd deket...thx tips nya...sangat membantu..
    btw, ada yg masih pake kartu nama dr kertas? ayo ganti dgn kartu nama online, taruh/embed kartu nama di blog/website dgn mudah, buat dan bertukar kartu nama di berkenalan.com: https://berkenalan.com

    ReplyDelete
  14. Lenny27.3.15

    Asyiknya baca pengalaman Emak jalan2.
    Kalo ketahuan bawa rendang dkk ke swiss, kena denda ndak ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous9.4.15

      gapapa kok, mala bbrp tamu yg saya bawa, mereka bawa rice cooker buat bayi dan segala macam makanan indonesia :D

      Delete
  15. Anonymous9.4.15

    halo mbak, boleh beriklan ga? kalau tidak dibuang saja ya :)
    kalau ada yg ingin ke paris dan di dokumentasikan dalam bentuk video dan photo bisa kontak saya, tentu saja sekalian guide.
    contohnya bisa dilihat di :
    videoparis.tumblr.com
    atau
    facebook.com/bonjourvideoparis

    terimakasih!

    ReplyDelete
  16. Informatif sekali, sangat bisa dijadikan panduan buat saya jika kelak ada kesempatan buat ke Eropa. Save Page as ah :D

    ReplyDelete
  17. Mbak mau tanya, kalo ikt tour kan makan gk full shari 3 kali, ada bolong"nya biasa kalo yg bolong itu ama pihak tour dibawa makan kemn ya? dan harganya kisaran brp ya? TQ

    ReplyDelete
  18. Terimakasih Precils..
    bisa jadi nanti bikin workshop Penataran P4 : Pedoman Perjalanan Para Petualang

    ReplyDelete
  19. Mbak, saya dan teman tertarik buat trip ke eropa. Kalau berkenan bisa tolong kirim itinnya ? Ke mimisaioun@gmail.com
    Terima kasih banyak ya

    ReplyDelete
  20. sementara ini cuma bisa ngiler kalo liat orang ke eropa.. dana ngga pernah kekumpul

    ReplyDelete
  21. Anonymous5.8.15

    Senangnya baca cerita mbak jalan jalan ke eropa,mbak sy minta dong itinerary yg mbak kirimkn untuk pengajuan visa,kalo berkenen tolg di email ke myedelweiss@yahoo.com
    Makasi banyak ya

    ReplyDelete
  22. Makasi banyak utk informasinya mbak. Suka banget sama semua isi blog mbak. Mungkin kalo saya bakalan travelling ke eropa, tulisan mbak jadi referensi terpenting nih yg ngebantu saya :')

    ReplyDelete
  23. Senengnya sy baca cerita mbak jalan jalan,sy pernh ke eropa tp ikut travl golden rama,sy ingn jalan lagi, boleh minta itinerary yg mbak kirim ke dubes untuk pengajuan visa mbak?
    Kalo berkenan kirim ke email sy
    myedelweiss@yahoo.com
    Makasih banyak ya

    ReplyDelete
  24. assalamualaikum mba ade...posting mba yang satu ini sudah berpuluh-puluh kali saya buka dari 5 bulan lalu, bulan maret tahun depan in syaa Allah saya dan 3 teman akan melakukan perjalanan mandiri ke eropa, kami belum pernah melakukan perjalanan mandiri sebelumnya biasanya terima jadi, dikarenakan kalap saat ada promo tiket akhirnya sekarang was was saat mau ngerencanain, banyak takutnya...kalau mba berkenan saya mau banyak nanya terutama masalah transportasi dan akomodasinya, bisa minta alamat emailnya mba ? terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  25. Anonymous22.9.15

    Mbak "the Emak", bolehkah saya di kirimkan contoh itinnerary nya untuk mengurus visa ke email saya meitydinap@yahoo.com. Semua review nya sangat membantu, terima kasih....he...he. Emirates tiket confirmed this coming Nov 2015.

    ReplyDelete
  26. terimakasih reviewnya, sangat membantu

    ReplyDelete
  27. Anonymous10.10.15

    Salam kenal mbak...mbak kalo boleh tau traveling ke eropa seoerti itinerary mbak satu orang bisa kena berapa euro...thanks mbak

    ReplyDelete
  28. Anonymous10.10.15

    Satu orang biayanya berapa mbak ke eropa? Thanks

    ReplyDelete
  29. Anonymous19.10.15

    Mb.....Kalo rutenya dari Amsterdam (Garuda), Brussels,Paris Amsterdam dilakukan dlm wkt 7 hr bisa Gak? bisa minta itinnya gak mb ? Kira2 berapa biaya naik kereta Atau bis per Kota tks...email saya shafari_sha@yahoo.com

    ReplyDelete
  30. Waah berguna banget infonya, mari menabung biar cepet keliling europe!

    ReplyDelete
  31. Anonymous8.11.15

    Ih seneng bacanya...berawal dari cari info tentang transit di changi jadi ketagihan sampai disini sangat membantu ....informatif ....boleh dibagi nomor hp nya mba ? ini email saya
    umoempoeni@yahoo.com. sepertinya saya perlu tambahan info dari mba. ditunggu ya mba
    dan salam traveling :)

    ReplyDelete
  32. Mami yang sangat inspiratif, boleh minta detail itenary nya ga?? share di email saya rudatyariani@yahoo.com
    saya rencana akan kesana Bulan April - Mei 2016 dan hanya 8 hari efektif.
    jadi butuh bantuannya.

    Trima kasih

    ReplyDelete
  33. Keren.... salam kenal ya mbak dari siska sidoarjo. mbak ade..aku juga mau minta contoh itinerary nya dan contoh form/surat apa aja untuk pengajuan visa boleh? Mohon diemail ke siskaoktoria@ymail.com

    ReplyDelete
  34. Wow keren...
    salam kenal dari saya mbak, siska sidoarjo. mbak ade..aku juga mau minta contoh itinerary nya pada waktu pengajuan visa boleh?mohon di email ke siskaoktoria@ymail.com

    ReplyDelete
  35. Boleh advisenya dong, saya dan keluarga 5 orang 2 dewasa anak 3 (umur 7, 11, 14th) sdg mrncnakan utk tour ke 3 negara inggris, perancis, swiss, saya lagi hingung trnsport kereta disana dari inggris ke paris dgn eurostar, itu dimana saya bisa beli di jakarta? Trus rncna menginap di londkn daerah victoria, di paris enaknya dimana ya yg dekat dgn menara eifel? Trus di swiss rncna menginap di zurich, enaknya di daerah mananya? Krn saya rncna ingin mengunjungi jungfraujoch? Ada yg bisa sharing? Rncna perjalanan tgl 15 february 2016, terima kasih sebelumnya ya

    ReplyDelete
  36. Salam Kenal mba,
    Boleh minta contoh itinerary nya untuk pengajuan visa mba? email ke july.titaley@gmail.com... Plan kami sekeluarga mau traveling ke eropa juga . mksh

    ReplyDelete
  37. Anonymous15.2.16

    salah satu impian gue adalah bisa keliling eropa. gue tadi baca tips dari laman tehpucukharu.com, mereka melansir lebih baik pilih bulan lowseason biar lebih murah.

    kalau pake itinerary di atas, kira-kira budget berapa tuh?

    ReplyDelete
  38. Anonymous2.3.16

    Berharap bisa terwujud bisa kesana juga,keren2...salam kenal mbak klu boleh saya juga minta contoh itenerary sma contoh pengajuan visanya nimadeiwadewidewi@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  39. Ass wr wb waduh sangan menarik skali mba boleh sy tanya masalah itenary dan bagaimana bikin visanya bisa bantu email ke susypandan@yahoo.com ya mbatrims

    ReplyDelete
  40. Lidyawati16.3.16

    Precils.. aman ga klo trvelling naik kereta di Etopa bawa koper besar dengan bawa anak2? Saya dan suami dan anak akan trip dr London-Brussels-Brugge-Amsterdam dengan Eurostar dan Talyst. Concern saya adalak keamanan selama perjalanan bawa 2 koper besar dan anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koper besar aman, cuman ribet aja. Di kereta antar negara sebagian besar bawa koper besar. Jadi rebutan utk nempatin ke tempat koper yang tersedia di bagian depan dan tengah gerbong. Usahakan packing seringkas mungkin. Saya berempat pakai satu koper besar dan satu koper kecil.

      Delete
  41. Mba, itu untuk day trip hari ke 4 jalan jalan di cologne kopernya ditaruh mana? ada penitipan kah di stasiun kereta?
    Thanks

    ReplyDelete
  42. Blog yg sangat bermanfaat buat yg suka travelling. Mbak minta contoh itinerary nya dong. Email ya ke dini.andini2011@gmail.com. makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  43. Anonymous6.4.16

    Hi mbak..suka bgt sama blognya. Mbak aku minta cth srt ket kerja dan sekolah, ittinerary sama surat2 lainnya ya ke itfylovely@gmail.com. Makasih ya..

    ReplyDelete
  44. mba,boleh donk minta contoh surat keterangan kerja dan contoh itinerary untuk aplikasi visa schengen ke ferrawahyuni@ymail.com

    ReplyDelete
  45. Hi Mba, boleh minta contoh itenery untuk mengajukan visa?
    sekalian untuk panduan rute jalan2nya. Thx before.
    Salam kenal,
    Fita

    ReplyDelete
  46. Hi mba..bhlan june ini recananya saya mau tugas ke paris dan rencananya mau la jut ke brussel and amsterdam..ada itinery yg bisa mba kirinkan ke saya mba? Dian.puspita09@gmail.com trimaksih banyak ya mba..

    ReplyDelete
  47. Traveling ke Eropaaa...hmmmm membayangkannya saja perasaan sudah happy baget hihihi

    ReplyDelete
  48. Mbak, saya rencananya akan europe trip di desember nanti, tapi sekarang saya dan teman teman masih bingung dengan pembuatan visa, terutama blum dpat inspirasi dalam pembuatan itinery untuk visa, bisa di bantu inspirasi itinery nya mbak ridhoepo30@gmail.com
    Terima kasih mbak, blognya sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  49. Wah bener bener dikasi gambaran jelas sekali blognya. Boleh minta itinerynya ke yupi_19@yahoo.com

    ReplyDelete
  50. Sama Mba saya juga minta itinerynya, siapa tau nanti bisa liburan ke Eropa,,

    ReplyDelete
  51. Anonymous30.8.16

    HI mba...salam kenal. Menarik sekali ulasannya. Saya sudah baca2 mengenai trip Europe. Yang jadi pertanyaan, kalo baru sampai di satu Negara tujuan (misal naik kereta) dari statiun ke hotel naik apa yah? Biasanya ngak banyak di bahas di ulasan2 trip di Europe. Apakah kopernya di titipkan di stasiun lalu day trip dan balik lagi ke stasiun? Itu kalo day trip, nah kalo menginap bagaimana?

    ReplyDelete
  52. Halo mba precils! Blognya sangat menginspirasi, rencana perjalanan ke eropanya juga sangat bagus mba. Saya boleh minta rencana perjalanannya mba precils? Kirim via email boleh ya mba joliapriansyah45@gmail.com terima kasih semoga secepatnya bisa traveling keliling europe

    ReplyDelete
  53. salam kenal mbak..bolehkah saya di kirimkan contoh itinnerary nya untuk mengurus visa ke email saya putrizuseka@yahoo.com. Semua review nya sangat membantu,pingin banget 2017 jalan2 ke eropa backpaker..menghemat biaya...jauh jg ya mbak hemat biayajl2 mandiri dibandingkan tour ya?Terima kasih ya mbak sebelumnya

    ReplyDelete
  54. halo ka suka baca pengalamannya, kalo kaka suka ke eropa sekali sekali coba ka travel wifi dari wi2fly. travel wi2fy ini bisa di bawa kemana2, koneksi dan sinyal up to 4G LTE dengan tarif sewa mulai dari UNDER 100K!

    ReplyDelete
  55. Anonymous1.12.16

    menginspirasi banget mba, bs info pengurusan visanya, alamat email : ferry.ykp08@gmail.com dan ferrypandie@yahoo.co.id
    terimakasih mba...

    ReplyDelete
  56. masih inget ga berapa total biaya per orang (kira2) untuk itinenary seperti itu mba? kami sekeluarga berlima kebetulan lagi pengen jalan2 ke eropa juga tapi kalau lihat paket yang ditawarkan tour and travel kok muahal banget (terutama biaya airport tax/fuel yang bisa mencapai Rp 9 jutaan per orang)

    ReplyDelete
  57. Anonymous24.12.16

    It was awesome mbak Ade...

    ReplyDelete
  58. akan sangat bermanfaat guidence ke eropa, ga suka pakai travel tlg email itinerarynya mbak ke srimi60@yahoo.co.id terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  59. Anonymous10.1.17

    Sangat menarik kalau bisa keliling eropa. Apakah saya bisa minta itenary nya juga? Ke email saya hanapielie@yahoo.co.id
    Lalu saya juga pengen tau harga visa schengen brp dan berlaku brp lama? Apa multientry? Saya usaha sendiri memakai ruko ortu. Sekalian syarat2 utk bisa mendapatkan visa schengen nya yaaa.... trims

    ReplyDelete
  60. Mba kl gak bisa bhs inggris gimana yach tp kepengen jalan2 ke eropa nih

    ReplyDelete
  61. mba kl gak bisa bhs inggris gimana yach tp kepengen jalan2 ke eropa nih

    ReplyDelete
  62. Nice Trip, it's awasome, lot info on your blog. Thanks

    ReplyDelete
  63. Bonjour :)
    Jasa Guide Paris sudah ada sejak 2014, Jasa Guide Paris akan membantu anda untuk mendapatkan pengalaman yang berkesan selama di paris.

    dengan jasa guide paris akan mendapatkan keuntungan /

    - free antar jemput dari/ke bandara atau stasiun
    - tidak ada batasan waktu
    - Menghemat waktu dari pada harus mencari" lokasi/ takut nyasar gan
    - Biaya terjangkau dan bisa nego
    - Waktu fleksibel
    - Tour Guide bisa berbicara Bahasa Indonesia dan Prancis

    Jasa guide paris juga menyediakan dan membantu anda apabila anda mencari atau membutuhkan :
    - Rent car
    - Jasa foto atau video

    Untuk lebih lengkapnya anda dapat melihat website kami

    http://gratiaatanka.wixsite.com/jasaguideparis

    Bisa menghubungi di :
    +33771174763 ( WA )
    email : gratiaatanka@ymail.com


    Bienvenue à Paris
     [URL="http://gratiaatanka.wixsite.com/jasaguideparis"]http://gratiaatanka.wixsite.com/jasaguideparis[/URL]

    ReplyDelete
  64. Anonymous29.5.17

    mba, boleh minta ringkasan perjalanan yang diajukan pada saat apply visa? boleh email ke lily_meimei@yahoo.co.id ya .. btw thx ya mba..

    ReplyDelete
  65. mba, tolong minta itinerary nya bisa di kirim ke dedi2004r1@yahoo.com. thanks

    ReplyDelete
  66. mbak saya mau otw kesanak
    wkwkwk

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow Our Instagram @travelingprecils

Popular Posts

Mengurus Visa Schengen Untuk Keluarga

5 Kafe & Bakery Halal di Area Bugis Singapura

Cruise 101: Pengalaman Pertama Naik Royal Caribbean

Pengalaman Memakai Grab Car di Bali

Makan Hemat di Kantin Karyawan Changi Airport