Johor Bahru With Kids: Itinerary & Budget


The Precils (dan ortunya) fans berat Lego. Begitu tahu Legoland Theme Park Malaysia (pertama di Asia) buka di Johor Bahru, saya langsung memasukkan 'jalan-jalan ke Legoland' ke bucket list, sembari mengincar tiket murah dari Surabaya ke Johor Bahru tentunya.

Dari Surabaya, sementara ini hanya Air Asia yang punya rute langsung ke Johor Bahru. April tahun lalu (2013) saat ada Sale, saya berhasil dapat tiket 0 rupiah pp untuk penerbangan Februari 2014. Tiket Rp 0 bukan berarti kita nggak bayar sama sekali ya. Penumpang masih harus membayar pajak dan fuel surcharge. Alhasil, total harga tiket SUB - JHB pp per orang Rp 400.000. Itu baru tiket saja, belum termasuk bagasi, pilih kursi atau beli makan. Tapi kami nggak beli bagasi karena cuma pergi akhir pekan saja. Rencana awalnya, kami berangkat ke Johor Bahru Jumat pagi jam 10.30, sampai sana jam 2 siang. Pulangnya Minggu siang jam 2.30, sampai di Surabaya lagi jam 4 sore. Penerbangan dari Surabaya ke Johor Bahru perlu waktu dua setengah jam, sementara perbedaan waktunya, Johor Bahru satu jam lebih awal daripada waktu Surabaya (WIB).

Tidak banyak tempat yang bisa dikunjungi di Johor Bahru, kota di Malaysia yang paling dekat dengan Singapura ini. Tiga atraksi wisata andalannya:  

1. Legoland Theme Park,  
2. Puteri Harbour Family Theme Park (Hello Kitty Town) dan  
3. Johor Premium Outlet (JPO) untuk yang doyan belanja. 

Satu akhir pekan cukup untuk menjelajahi ketiganya. Saya yang tidak begitu doyan belanja, tidak memasukkan JPO dalam itinerary. Yang memang ngincer jalan-jalan ke JPO, coba intip blog Tesya yang pernah (window) shopping ke sana.

Karena sudah dapat tiket pesawat yang murah banget, saya pengennya cari hotel yang lumayan bagus. Incaran saya adalah Legoland Hotel yang persis di sebelah theme park dan Traders Hotel Puteri Harbour, persis di sebelah Hello Kitty town. Lumayan kan, bisa menghemat ongkos taksi dan hemat waktu. Tapi Si Ayah sebagai penyandang dana tidak setuju :p Akhirnya saya mengalah dan memilih menginap dua malam di Tune Hotel Danga Bay, pesan family room yang muat dua dewasa dan dua anak-anak. Berikut budget awal yang saya buat untuk Johor Bahru Trip dengan anak-anak.


BUDGET
MYR
IDR
Air Asia SUB – JHB pp 4 pax (inc. seat + meal)

1.889.200
Airport tax, 4x Rp 150.000

   600.000
Shuttle Senai airport – Tune hotel, 3x RM 8
      24

Tune hotel Danga Bay, family room, 2 nights RM 389,76

1.492.001
Taksi Tunes ke Hello Kitty pp
      80

Tiket Hello Kitty, 4x RM 75
    300

Hello Kitty souvenir
      30

Dinner Day 1
      50

Breakfast Day 2, 4x RM 12
      48

Shuttle Tune hotel – Legoland pp 4x RM 15
      60

Tiket Legoland Combo 3 adults + 1 child RM 532

2.036.875
Lunch Day 2
     75

Lego souvenir
     75

Dinner Day 2
     50

Breakfast Day 3, 4x RM 12
     48

Shuttle Tune hotel – Senai airport, 3x RM 8
     24

Parkir inap Juanda airport

     50.000



Sub Total
   865
6.068.076
TOTAL
IDR 9.278.956

Seperti biasa, booking saya lakukan online melalui website masing-masing: Air Asia, Tune Hotel Danga Bay, dan Legoland Malaysia. Tiket Hello Kitty belum saya beli karena harga online sama saja dengan beli langsung. Rencananya, dari Senai airport Jumat siang, kami langsung ke Tune hotel dengan shuttle mereka, cek in, lalu naik taksi ke Puteri Harbour dan main-main di Hello Kitty Town sampai tutup jam 6 sore. Hari Sabtunya kami akan naik shuttle dari Tune hotel ke Legoland, dan akan seharian bermain di theme park dan waterpark-nya. Hari Minggu kami cuma akan istirahat di hotel sampai cek out dan kembali ke Surabaya jam 2.30 siang. Tapi, siapa tahu Si Ayah berhasil dibujuk mampir ke JPO ;) 

Malam Jumat, semua urusan sudah beres, koper dan ransel sudah dipak.

Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Manusia berencana, Tuhan yang menentukan. Saya bangun pagi mendapati hujan abu tipis menyelimuti halaman belakang kami. Pada hari H tersebut, Gunung Kelud meletus, abunya sampai ke Jogja, Solo, Malang dan tentu saja Surabaya. Pagi itu saya was-was dan mencari-cari berita tentang penerbangan kami. Melihat langit yang sangat kelabu dan hujan abu yang tidak berhenti, kami tetap bertahan di rumah, tidak pergi ke bandara. Setengah jam sebelum jadwal penerbangan, kami baru tahu kalau penerbangan dibatalkan dan bandara Juanda ditutup. Liburan gagal total!

Saya kecewa nggak jadi berlibur. Tapi, tidak ada yang bisa dilakukan, emangnya mau marah sama Tuhan? Precils kembali bermain (sekolah ditutup), Si Ayah malah berangkat kerja (nggak jadi cuti) dan saya ngejar-ngejar Air Asia agar dapat refund :) Alhamdulillah uang tiket saya kembali utuh dalam bentuk credit shell, seminggu kemudian. Booking Tune hotel bisa di-cancel dengan membayar denda RM 30. Tiket Legoland, sesuai T&C, hangus.

Saya menghubungi manajemen Legoland untuk meminta sponsorship. Mereka bersedia memberi free night di Legoland hotel dan tiket combo untuk keluarga. Whoa! *sujud syukur* Saya langsung semangat cari-cari lagi jadwal yang pas (maksudnya yang harga pesawatnya pas murah). Akhirnya saya dapat tiket pesawat murah dari Tiger Air, tapi mendarat di Changi airport, Singapore. Dari Changi kami akan naik free shuttle bus sampai JB Sentral, kemudian lanjut naik taksi ke Legoland. Penerbangan dari Surabaya jam 10 malam, sampai di Changi jam 1 dini hari. Rencananya kami akan nginep di emperan Changi :D Karena berangkat Jumat malam, Precils dan Si Ayah nggak perlu bolos cuti sekolah. 

Yang saya sebel, tidak ada tiket murah untuk pulangnya. Terpaksa saya beli tiket Air Asia dari Senai airport, Johor Bahru dengan harga penuh, full price. Sebagian memang dibayar dari credit shell pengembalian tiket saya sebelumnya, tapi tetap aja, nggak tega rasanya bayar tiket harga segitu, hiks. Karena waktu mepet, kami hanya sempat ke Legoland Theme Park. Sorry, Hello Kitty, maybe next time :| Tapi kami punya pengalaman seru banget nginep di hotel Lego. Keluarga Precils diberi Pirate Room, kamar bertema bajak laut. Kami saya juga ketagihan berdisko di lift hotel. Little A sampai menangis nggak mau pulang. 

Dalam perjalanan pulang dari Legoland menuju Senai airport, kami melewati JPO. Pak sopir taksi yang kami tumpangi cerita kalau dia pernah mengantar tamu dari Indon Indonesia yang meminta mereka mampir di JPO. Tidak untuk belanja, hanya untuk foto-foto di depannya untuk diunggah di facebook. Ahaha, bisa ditiru tuh triknya :p

Berikut ini pengeluaran liburan kami ke Johor Bahru, dua dewasa dua anak, dua hari satu malam. 
Note: nginep di emperan bandara Changi gratis ^_^


PENGELUARAN
MYR
IDR
Tiger Air SUB – SIN 4 pax

1.337.000
Airport Tax 4x Rp 150.000

    600.000
Breakfast Mc D Changi Airport SGD 23

    217.000
Bus TS1 Changi Airport to JB Sentral - free transfer

                0
Air mineral + permen
      6

Taksi JB Sentral - Legoland
    35

Legoland Hotel 1 night - sponsored
      0

Tiket Legoland combo family – 1 day pass - sponsored
      0

Lunch (free voucher RM 50 – sponsored)
    22,50

Air mineral
      3

Sewa loker Legoland waterpark
    20

Lego souvenir
    59,95

Dinner at Mall of Medini
    50

Buffet breakfast at Bricks family restaurant - sponsored
      0

Taksi Legoland  - Senai airport
    90

Air Asia JHB – SUB 4 pax RM 952,87
 
 3.537.098
Lunch Air Asia

      95.000
Parkir inap  T2 Juanda airport

      60.000



Sub Total
286,45
5.846.098
TOTAL
IDR 6.909.400

Tunggu cerita selanjutnya ya.

~ The Emak
 

Catatan:
Kurs Maret 2014
SGD 1 = IDR 9434
MYR 1 = IDR 3712

Baca juga:
Ke Legoland Malaysia: Via Changi Atau Senai? 
Review Hotel Legoland
Legoland Themepark & Waterpark, Asyiknya Dobel!
Galeri: Foto-foto Miniatur dari Lego  

Comments

  1. Wuah...enaknya..kok bisa dapat sponsorship mbak? Gimana caranya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya: minta, hehe. via email Mbak, alhamdulillah rezeki :)

      Delete
    2. mungkin karena aktif ngeblog ya mba... jadi buat revue mereka juga kali yaa??

      Delete
  2. kak untuk wisata di johor jauh ga dari kota johornya? kayak legoland atau jpo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Legoland 30 menit via taksi dari JB Sentral. Kalo dari Legoland ke Senai airport 35 menit naik taksi via tol. JPO 5 menit sebelum airport. Jalannya luas dan sepi. Gak tahu kalau naik bus berapa lama.

      Delete
  3. Wah asyiknya..ditunggu cerita selanjutnya ya Emak:) Aku minta sponsorship, emailku enggak dibalas. Ya udah, belum rejekk hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, Kak Tesya, itu karena kamu sanggup bayar sendiri, hehe.

      Delete
  4. wiiihiiiii serunyaa :D

    Little A sama Big A seneng banget pasti yaah maak main-main di Legoland :)
    Ayooo makkk, Hongkong Disneyland, lagi banyak tiket return for free tuh :3 (tigerair)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya Kak Koper, udah mampir. Gak cuma precilsnya sih yang seneng, Emaknya juga :D
      Hongkong msh masuk bucketlist. Tunggu giliran.
      Ini masih kejar setoran mau ke Paris musim panas nanti.

      Delete
  5. salam kenal the emak.. tulisannya di blog nya sangat membantu spt tessa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga. makasih sudah baca blog Precils :)

      Delete
  6. kok bisa dapet return for free gimana caranya??hiks...hiks... banyak yang sponsored jatuhnya lebih murah mau doong caranya hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini return for free yang mana ya?
      Cara untuk dapat sponsorship: kirim email aja, minta :)

      Delete
    2. Email legolandnya apa mba buat minta sponsor?

      Delete
    3. Email legolandnya apa mba buat minta sponsor?

      Delete
  7. Hallo mbak, salam kenal...Tgl.07 April besok saya berencana ke Legoland, kalau beli tiket combo family (theme park + water park) 1 day cukup waktunya?apakah bisa menikmati semua arena?thanks ya u/ share-nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dinda
      Cukup kok dalam satu hari 2 park, asal masuk dari pagi sampai sore.
      Kami aja akhirnya cuma setengah hari, baru masuk siang karena kecapekan berangkat dari Changi. Nggak dapat semua atraksi, tapi anak-anak udah seneng :)
      Met jalan-jalan ya...

      Delete
  8. nice story mbak, jadi teringat kmbl my story hehehe
    tukeran link blog dunk w/ my blog www.wisatakeren.com

    ReplyDelete
  9. Dari dulu maju mundur mau ke Legoland, dgr2 panas banget dan belum rindang pohon nya, tapi kynya klo anak yang suka banget ama Lego agak wajib ya.. TFS mak :)

    ReplyDelete
  10. wah enaknya mbak..gimana caranya dapat sponsorship mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku email nawarin kerjasama dengan review di blog, twitter dan FB :)

      Delete
  11. Sehabis liburan ke Legoland, jangan sampai ketinggalan pesona wisata alam bromo di Jatim gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke Bromo udah lebih dulu, Gan :)

      Delete
  12. Anonymous17.11.14

    ::like this::

    ReplyDelete
  13. Terinspirasi dari tulisannya Mbak Ade, saya berencana pergi ke legoland dari jakarta, tapi setelah diperhatikan koq gak ada pesawat yang ke johor baru dari jakarta ya? apa saya yang belum tahu cara carinya.... mohon masukkannya trip ke legoland ini agar bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.... rencana pergi 3 hari 2 malam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulunya ada, dilayani Air Asia. Kalau udah tutup, ya lewat Singapura aja, bisa naik bis dari bandara Changi.

      Delete
  14. Mbak, saya mau tanya. kemarin mbak sampai tune hotel jam brp ya?
    kalo saya sampe hotel jam 7 pagi, bisa lsg check in gak?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya nggak jadi nginep di Tune. Biasanya hotel murah agak pelit untuk kasih early check in. Mungkin bisa cek in mendekati jam cek in normal, atau hubungi aja hotelnya, bisa apa enggak. Bisa jadi harus bayar sejumlah tertentu utk cek in awal.

      Delete
  15. Biaklah,Pulang keIndonesia main ke Singapura. Balik ke India mampir ke Legoland. InsyaAllah semoga mudah dan dilancarkan. MAkasih tipsnya, ini lagi bekpek berdua dengan si kecil. Acara pulang kampung ngerangkep jalan jalan ke negara tetangga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip. Semoga perjalanannya menyenangkan.

      Delete
  16. Hi mba.. salam kenal.
    Mba saya butuh info utk Bus dari JB (Legoland Hotel) yang langsung ke Changi apa ada ya?

    ReplyDelete
  17. Tetap cinta dan sayang wisata tanah air gan,..

    ReplyDelete
  18. Anonymous11.10.15

    Hi mbak, klw menginap di Tune Hotel johor baru menuju Legoland jauh ga ya ? Naik taksi sekitar berapa lama ? tq

    ReplyDelete
  19. Halo Sis sy rencana Dr changi lgsng ke Johor sentral apa perlu nginap dl di Johor nya ya? Klo nginap di hotel biasa (JB sentral) apa jarak nya jauh dgn legoland?

    ReplyDelete
  20. Suami yang sudah pernah ke sini mbak, acara kantornya. Pas pulang diceritain bikin ngiri aja hahaha

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow Our Instagram @travelingprecils

Popular Posts

Mengurus Visa Schengen Untuk Keluarga

5 Kafe & Bakery Halal di Area Bugis Singapura

Cruise 101: Pengalaman Pertama Naik Royal Caribbean

Pengalaman Memakai Grab Car di Bali

Makan Hemat di Kantin Karyawan Changi Airport