[Penginapan] Kiama Cove Motel

Di depan Motel. Big A males difoto :p Coba tebak, mana mobil kami? :D
Liburan musim panas dua tahun yang lalu, kami jalan-jalan ke Kiama, kota kecil yang bisa dicapai 2 jam bermobil dari Sydney ke arah selatan. Kami menginap dua malam di Kiama Cove Motel.
Ini pertama kalinya kami menginap di motel. Di setiap kota kecil di Australia, hampir dipastikan ada motel yang dikelola oleh orang lokal. Sekilas dilihat dari luar, bangunan motel ini mirip kamar-kamar kos di Indonesia. Memang bangunannya tidak begitu menarik, kamarnya juga seperti penginapan biasa. Tapi motel ini bersih, bisa muat dua anak dalam sekamar dan harganya relatif murah. Kami bayar $139 per malam termasuk sarapan pagi yang cukup untuk sekeluarga.
Kami booking motel ini langsung lewat telpon ke resepsionis. Waktu itu saya belum 'kenal' dengan wotif, quickbeds, dll. Saya cari beberapa akomodasi yang tersedia di Kiama melalui website resmi pariwisata mereka. Karena rencana liburan kami spontan, banyak akomodasi yang sudah penuh. Ketika Si Ayah menelpon motel ini, dua hari sebelum kami menginap, hanya ada dua kamar yang tersisa. Resepsionis motel yang ramah menyilakan kami menggunakan 1 kamar untuk dua orang dewasa dan dua anak-anak, dengan tambahan portacot. Semua tanpa biaya tambahan.

Portacot untuk Little A

Lokasi Kiama Cove Motel, dari Google Maps.
Lokasi motel ini lumayan strategis. Beberapa atraksi wisata Kiama seperti Seaside Market, Kiama Harbour dan Kiama Blowhole bisa dicapai dengan berjalan kaki dari motel ini. Untuk yang tidak membawa mobil, motel ini juga dekat dengan stasiun Kiama. Yang paling kami syukuri adalah, pantai terdekat tepat berada di belakang motel ini. Tinggal lari menerabas halaman belakang, dua menit kami bisa sampai di bibir pantai Surf Beach.

Sebenarnya motel ini menawarkan beach view untuk kamar-kamarnya, kecuali dua kamar yang terakhir tersedia untuk kami dan teman kami. Kalau saja kami bisa booking lebih awal, kemungkinan bisa memandang penuh pantai dari jendela kamar yang besar, tidak terhalang bangunan-jelek-entah-apa di belakang kamar ini :p

(half) beach view :p

Fasilitas motel beragam, dari yang sederhana, hanya menyediakan fasilitas dasar tempat tidur dan kamar mandi saja, sampai yang menyediakan dapur, atau bahkan kolam renang. Motel ini hanya kamar dan kamar mandi dalam, tanpa dapur. Tapi di halaman belakang terdapat fasilitas barbekyu untuk digunakan bersama dan kolam renang kecil.

Pelayanan resepsionis di motel ini sangat ramah dan membuat kami terkesan. Karena booking lewat telpon, kami tidak perlu membayar uang muka. Semua dibayarkan ketika kami datang menginap. Yang menjadi keistimewaan motel ini adalah: mereka menyediakan sarapan yang cukup mengenyangkan untuk satu keluarga. Sarapan sudah disiapkan di dalam kulkas mini, sore hari ketika kami cek-in. Menunya adalah roti (putih dan gandum), sereal, berbagai macam olesan untuk roti (mentega, madu, selai, vegemite), tiga macam jus dan juga susu. Tersedia juga toaster, perlengkapan untuk membuat kopi/teh beserta peralatan makannya. Big A yang selalu bersemangat kalau menginap di hotel/motel/apartemen, dengan senang hati membantu menyiapkan sarapan untuk kami sekeluarga.

King Size Bed
Pihak motel juga men-servis kamar setiap hari, sekaligus menyediakan bahan untuk sarapan keesokan harinya. Enaknya menginap di sini, setelah capek dari jalan-jalan di sekitar Kiama, pulang ke motel sudah mendapati kamar kami rapi kembali. Kiama Cove Motel ini memenuhi semua harapan kami dan kami tidak segan-segan merekomendasikan untuk keluarga yang ingin berlibur di Kiama. Tapi jangan lupa pesan kamar dengan unrestricted beach view ya :)